Skip to main content

Candi Kidal


Candi Kidal terletak di    : Desa Rojokidal, Kec.Tumpang, Kab. Malang

Bahan                          : Batu Andesit

Ukuran Bangunan          : Panjang             : 8, 36 m

                                     Lebar                 : 8,36 m

                                     Tinggi                : 12,5 m

Sejarah Candi Kidal

                Candi kidal menurut para ahli dianggap sebagai tempat dikuburkannya raja Anusapati dari kerajaan Singosari. Di dalam kitab sastra kuno Nagarakertagama dan kitab Pararaton memang disebut-sebut bahwa raja Anusapati setelah meninggal dunia, jasadnya dimakamkan di candi Kidal.

                Kitab Nagarakertagama pupuh 41:1 menyebutkan, bahwa raja Anusapati meninggal dunia pada tahun 1248 M dan kemudian dimakamkan di Candi Kidal.

Candi Kidal bentuknya ramping dan pintunya menghadap ke barat. Pada bagian tubuh candinya terdapat relung-relung yang bagian atasnya dihias kepala kala. Atap candinya yang sekarang sudah tidak utuh, tetapi masih tersisa bekas-bekas adanya tiga tingkatan. Keadaan atap yang sekarang ini adalah atap tingkat pertama dan sebagian atap tingkat dua. Namun sekarang ini candi Kidal mengalami pemugaran. Atapnya yang asli diperkirakan berbentuk kubus.

                Kaki candinya dihias dengan relief Garuda dan gambar Jambangan dengan lingkaran yang diisi gambar-gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan yang telah diubah bentuknya (distilir). Pada tiap-tiap sudutnya terdapat arca singa. Pintu masuknya diukur dengan perhiasan daun-daunan.

Certia Relief

                Cerita Relief yang dipahatkan pada kaki candi Kidal terkenal dengan nama cerita Garudaya. Relief ini dipahatkan pada ke tiga sisi kaki candinya, yaitu sisi utara, timur dan selatan.

-          Sisi utara : Garuda digambarkan jongkok. Tangan kanan diangkat ke atas, sedang tangan kiri berada di pinggang kiri memegang suatu benda bulat. Diatas kepala garuda duduk seorang wanita dengan sikap kaki bersila, sedang kaki kanan menggantung kebawah, disampingnya terukir tiga ekor naga.

-          Sisi Timur : garuda digambarkan dalam sikap yang sama dengan sisi utara. Tangan tangan kanan memegang rumputdan diatas kepala garuda terdapat guci air suci.

-          Sisi Selatan : Garuda digambarkan dalam sikap sama, tetapi diatas kepalanya terdapat tiga ekor naga. Inti cerita garuda ialah menggambarkan usaha garuda dalam membebaskan ibunya dari perbudakan naga.

Arca-arcanya

               Di dalam bilik candi terdapat yoni, sedangkan arca siwa yang sekarang ada di Belanda diduga berasal dari candi Kidal. Di dalam relungnya tidak ditemukan arca. Relung-relung itu dulunya mungkin disediakan untuk arca Durga, Ganesha dan Agastya.

                Arca-arca lain yang ditemukan sudah tidak pada tempatnya yang asli adalah arca Nandiswara dan Mahakala (biasanya ada di relung kanan dan kiri pintu masuk). Disamping itu juga di temukan arca wisnu dan sebuah arca Budha.

Gambar Sphere

Gambar 3D