Skip to main content

Arca Dwarapala


Arca Dwarapala

Lokasi                            :  Desa Candirenggo, Kec. Singosari, Kab. Malang

Bahan                            : Batu

Ukuran Bangunan            : Tinggi                  : 3,70 m

Arti Arca Dwarapala

                Dwarapala atau penjaga pintu adalah mahluk yang tugasnya menjaga bangunan suci (candi) dari serangan-serangan yang jahat. Oleh karena itu, biasanya Dwarapala ditempatkan berpasang-pasangan di depan pintu masuk suatu bangunan suci. 

  

                Sesuai dengan tugasnya sebagai pengusir pengaruh-pengaruh jahat, Dwarapala digambarkan sebagai mahluk yang menyeramkan dengan senjata-senjata yang mengerikan, Rambutnya biasanya keriting, taringya runcing, matanya melotot, semuanya itu merupakan gambaran-gambaran tentang dirinya sebagai mahluk ganas.

                Senjata-senjata yang dipegangnyapun merupakan tanda bahwa Dwarapala memiliki kekuatan yang meakutkan.

Lambang senjata yang dipegang Dwarapala:

  1. Gada, senjata berbentuk pemukul ini merupakan lambang penghancuran, juga dianggap sebagai lambing keperkasaan dan kekuasaan. Di samping itu, gada juga dianggap sebagai lambing tongkat kematian atau hukuman.
  2. Ular (Naga), adalah lambing kehidupan air yang dapat mendatangkan hujan, tetapi bila marah, ular menjadi ganas dengan nafsu menghancurkan.
  3. Gelek atau belati, adalah lambang dari kemenangan atas mahluk-mahluk jahat.

Walaupun bentuk tubuh atau senjata-senjata yang dipegang Dwarapala adalah lambang dari kebengisan atau kedahsytan, tetapi itu semua sebenarnya adalah keperkasaan yang mulai, sebab pada hakekatnya yang dimaksud dengan pengaruh-pengaruh jahat yang dihancurkan Dwarapala adalah ajaran-ajaran yang menyimpang atau melawan agama. Karena itu tugas Dwarapala itu sebenarnya adalah tugas yang mulia.

Gambar Sphere

Gambar 3D