Skip to main content

Candi Sumberawan


Candi Sumberawan

 

Lokasi : Desa Toyomarto, Kec. Singosari, Kab. Malang
Bahan : Batu Andesit (Batu Kali)
Ukuran Bangunan : Panjang : 6,35 m
    Lebar    : 6,35 m
    Tinggi   : 5,23 m

Sejarah Candi

                Candi Sumberawan dapat kita capai dari sebelah Barat candi Singosari membelok ke utara kemudian jalan yang menuju ke Sumberawan. Setelah sampai di desa Ngujuk, kita berjalan kaki mengikuti saluran air kurang lebih 200 m baru kita sampai di candi tersebut. Candi Sumberawan ini terletak di kaki gunung Arjuno dengan pemandangan yang sangat indah karena di dekat sebuah telaga yang sangat bening airnya. Keadaan inilah yang memberikan nama pada bangunan tersebut, yaitu dari kata sumber dan rawan (telaga). Penduduk juga menyebutnya candi Rawan.

                Keterangan mengenai bangunan candi Sumberawan pertama kali didapat adalah tahun 1904 dan kemudian berturut-turut tahun 1928. Baru tahun 1935 diadakan kunjungan ke lokasinya dan tahun 1937 mengalami pemugaran.

                Bangunan candi Sumberawan berbentuk Stupa. Yang sederhana tanpa hiasan relief sama sekali. Susunan bangunanya adalah terdiri dari kaki itulah yang berbentuk empat persegi, dengan penampilan ditiap sisi. Di atas kaki itulah berdiri bentuk Stupa sebenarnya yang terdiri dari atas sebuah lapik bujur sangkar, kaki segi delapan yang berbantal teratai dan tubuhnya yang berbentuk genta.

                Karena ada beberapa kesulitan dalam perencanaan kembali bagian teratas dari tubuh candi, maka terpaksa bagian itu tidak dipasang kembali. Diduga puncaknya dulu tidak dipasang atau dihias dengan paying atau Chattra, karena sisa-sisanya tidak ditemukan sama sekali.

                Candu Sumberawan tidak memiliki tangga naik ruangan di dalamnya yang biasanya digunakan untuk menyimpan benda suci. Jadi hanya bentuk luarya saja yang menunjukkan bahwa bangunan tersebut adalah stupa. Apakah maksud didirikannya Candi Sumberawan yang berbentuk Stupa, tetapi fungsinya tidak seperti lazimnya Stupa sesungghnya?

                Kiranya dahulu memang didirikanya untuk dipuja-puja. Ada ahli purbakala yang menduga bahwa tempat itu (Candi Sumberawan) dulunya bernama Kasurangganan, sebuah nama yang dikenal di dalam kitab Nagarakertagama. Tempat tersebut dipilih oleh Prabu Hayam Wuruk untuk tepat istirahat ketika beliau dulu mengadakan perjalanan keliling Jawa Timur. Yaitu sekitar sesedah tahun1359 dan dari bentuk-bentuk angka-angka yang tertulis pada bagian batur dan dagoba (stupanya) dapat diperkirakan bahwa bangunan candi Sumberawan didirikan pada abad ke 14 sampai ke 15.

Gambar Sphere

Gambar 3D